15
JUL
Fungsi Media Pembelajaran Kategori: Umum dilihat: 4488 kali diposting tahun 2016

Pada dasarnya fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai sumber belajar. Sedangkan fungsi-fungsi yang lain merupakan hasil pertimbangan dari kajian ciri-ciri umum yang dimilikinya (Munadi, 2012:36). Analisis fungsi media secara umum dapat dikelompokan menjadi dua hal, yaitu analisis fungsi yang didasarkan pada media dimana terdapat tiga fungsi yaitu: (1) media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar, (2) fungsi semantik, dan (3) fungsi manipulatif. Analisis yang kedua didasarkan pada penggunaanya yang terdiri dari dua fungsi yaitu: (1) fungsi psikologis dan (2) fungsi sosio-kultural.


Media sebagai sumber belajar didasarkan pada kemampuanya untuk merekam, menyimpan, melestarikan, merekonstruksi, dan mentransportasikan suatu peristiwa atau objek. Media pembelajaran adalah bahasanya guru sehingga untuk beberapa hal media pembelajaran dapat menggantikan fungsi guru terutama sebagai sumber belajar. Media sebagai fungsi semantik didasarkan pada kemampuannya dalam menambah perbendaharaan kata (simbol verbal) yang makna atau maksudnya dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik (tidak verbalistik). Sedangkan sebagai fungsi manipulatif media memiliki kemampuan dalam mengatasi batasan-batasan ruang dan waktu seperti: kemampuan dalam menghadirkan objek atau peristiwa yang sulit dihadirkan dalam bentuk aslinya, kemampuan dalam menjadikan objek atau peristiwa yang menyita waktu panjang menjadi singkat, dan kemampuan media dalam menghadirkan kembali objek atau peristiwa yang telah terjadi.


Sebagai fungsi psikologis media memiliki kemampuan dalam meningkatkan perhatian (attention) peserta didik terhadap materi ajar, selain itu media juga mampu untuk menggugah perasan, emosi dan tingkat penerimaan atau penolakkan terhadap sesuatu. Dengan media yang tepat dapat menumbuhkan imajinasi peserta didik serta dapat memotivasi peserta didik terhadap materi ajar. Fungsi media sebagai sosio-kultural yakni mengatasi hambatan sosio-kultural antar peserta didik dimana setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda apalagi jika dihubungkan dengan adat, keyakinan, lingkungan dan pengalaman.


Dengan demikian media memiliki fungsi yang penting dalam pembelajaran terutama dalam proses penyampaian informasi kepada peserta didik. Dengan adanya media, peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar serta akan lebih mudah dalam memahami materi ajar dikarenakan media dapat mengkongkritkan hal-hal yang bersifat abstrak.

Prev Page Next Page

Artikel Terkait