15
JUL
Internet Sebagai Sumber Belajar Kategori: Umum dilihat: 1650 kali diposting tahun 2016

Menggunakan internet dengan segala fasilitasnya akan memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang secara langsung dapat meningkatkan pengetahuan siswa bagi keberhasilan dalam belajar. Hal tersebut sangat memungkinkan karena internet merupakan jaringan informasi terbesar yang memuat banyak data dan pengetahuan. Dengan menggunakan internet seseorang dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Penelusuran dan pencarian bahan pustaka dengan jaringan dan sumber yang luas.
  2. Membangun program artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk memodelkan sebuah rencana kegiatan.
  3. Kemudahan untuk mengakses apa yang disebut dengan virtual classroom ataupun virtual university.
  4. Pemasaran dan promosi hasil karya penelitian.

Selain sebagai sumber belajar Internet juga hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time dalam bentuk  audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu : (a). sebagai media interpersonal dan massa (b) bersifat interaktif (c). memungkinkan komunikasi secara syncronous maupun asyncronous.


Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metode talk dan chalk, dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting.

Prev Page

Artikel Terkait