15
JUL
Pemilihan Media Pembelajaran Kategori: Umum dilihat: 2715 kali diposting tahun 2016

Pembelajaran yang efektif tentunya memerlukan perencanaan yang baik. Begitu juga dengan pemilihan media yang akan digunakan dalam  pembelajaran akan membutuhkan  perencanaan yang baik pula. Media yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan semuanya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran menurut Sudjana (1990) yaitu 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterampilan guru dalam menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak. Heinich (1982) dalam Arsyad (2011) mengajukan model perencanaan penggunaan media agar efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE yaitu singkatan dari analyze learner characteristics, state ovjective, select or modife media, utilize, require learner response, dan evaluate. Dimana pada model ini menyarankan enam kegiatan utama dalam perencanaan pembelajaran sebagai berikut: 

  1. Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran, apakah mereka termasuk kedalam siswa sekolah lanjutan atau perguruan tinggi, anggota organisasi pemuda, perusahaan, usia, jenis kelamin, latar belakang budaya dan sosial ekonomi, serta menganalisis karakteristik khusus yang meliputi ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap awal mereka.
  2. Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku atau kemampuan baru apa yang diharapkan akan dimiliki peserta didik setelah selesai proses pembelajaran. Tujuan ini akan mempengaruhi pemilihan media dan urutan-urutan penyajian dan kegiatan belajar.
  3. Memilih, memodifikasi atau merancang dan mengembangkan media yang tepat. Jika materi dan media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat mencapai tujuan, maka sebaiknya materi atau media tersebut digunakan untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya. Apabila materi dan media yang ada tidak sesuai dengan tujuan maka materi dan media tersebut dapat dimodifikasi. Apabila tidak memungkinkan untuk memodifikasi media yang relah tersedia, barulah memilih alternatif ketiga yaitu merancang dan mengembangkan materi dan media yang baru.
  4. Menggunakan materi dan media. Setelah memilih media yang tepat, diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menggunakannya. Disamping praktik dan latihan dalam menggunakannya, persiapan ruangan juga diperlukan seperti tata letak tempat duduk peserta didik, fasilitas yang dibutuhkan seperti listrik, meja, dan peralatan pendukung lainnya.
  5. Meminta tanggapan dari peserta didik. Dengan meminta tanggapan, maka peserta didik akan menampakkan partisipasi yang lebih besar.
  6. Mengevaluasi proses belajar. Tujuan utama evaluasi disini adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa mengenai tujuan pembelajaran, keefektivan media,  dan pendekatan yang dipilih.
Prev Page

Artikel Terkait