15
JUL
Pengertian Internet Kategori: Umum dilihat: 735 kali diposting tahun 2016

Internet merupakan kumpulan dari jutaan computer yang saling terhubung. Penggunaan internet memungkinkan kita memperoleh informasi dari kumpulan komputer tersebut dengan syarat pemilik komputer memberikan izin akses. Fadli (2009) mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Flynn (2002:115) mendefinisikan internet sebagai jaringan komputer yang didesain untuk saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Internet merupakan jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia pada saat ini. Dengan demikian internet sangat berperan dalam sistem informasi dan komunikasi. Internet memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tidak terbatas. Perkembangan teknologi internet akan berdampak pada semua bidang termasuk bidang pendidikan.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX, yang mampu melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.


Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.


Berbagai aplikasi internet telah dapat digunakan sebagai layanan informasi, apalagi dengan bermunculannya situs-situs baru yang memberikan peluang kepada setiap orang untuk memanfaatkan aplikasi dari internet untuk dunia kerja, dunia usaha dan pribadi.  Aplikasi paling populer  yang digunakan dalam internet adalah World Wide Web yang lebih dikenal dengan www atau web. Melalui internet pengguna dapat mengetahui kejadian di suatu tempat dan pada waktu yang sama meskipun tidak berada di tempat tersebut

Next Page

Artikel Terkait