15
JUL
Pengertian Web Kategori: Umum dilihat: 8026 kali diposting tahun 2016

Word Wide Web (www) atau lebih dikenal dengan sebutan web merupakan dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui http, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari web tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar yang dapat diakses dengan menggunakan internet.


Halaman web bisa diakses melalui sebuah url yang biasa disebut dengan Homepage. Url ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink  yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Sejarah web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Genewa dekat perbatasan Perancis dan Swiss. Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.


Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan perangkat lunak tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX. Web browser dapat digunakan pada sistem operasi lain setelah pada Mei 1993 Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser yang diberi nama mosaic untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan.


Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.


Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World Wide Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi web. Pada awal perkembangannya, pada saat browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 web site. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site.


Dalam dunia pendidikan, web saat ini telah memiliki kontribusi yang besar terutama dalam hal penyampaian dan penyedian bahan belajar. Tentunya desain web untuk tujuan pendidikan berbeda dengan web yang digunakan untuk tujuan yang berbeda pula, Hartanto dan Purbo dalam Fadli (2009) menjelaskan bahwa hal yang perlu diperhatikan sebelum seseorang membangun web sebagai media pembelajaran, antara lain: (1) Analisis kebutuhan (need analysis) untuk melihat kelayakan baik secara teknis, ekonomis dan sosial, (2) Rancangan instruksional yang berisi tentang materi, bahan ajar/kurikulum, (3) Evaluasi yang dilaksanakan sebelum program dimulai, (4) ketersediaan jaringan internet, listrik, telpon, dan lainnya untuk mengakses website, (5) Ketersediaan software (6) Masalah dampak terhadap kurikulum yang ada, dan (7) Masalah skill dan knowledge.  Berdasarkan hal tersebut pemilihan media web perlu ditelaah terlebih dahulu sesuai dengan sarana, prasarana dan faktor-faktor pendukung lainnya.


Beberapa web membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi web tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar bisa mengakses situs tersebut.


Artikel Terkait